Ragam Teknik Membuat Karya Seni Batik Ragam Teknik Membuat Karya Seni Batik
Batik termasuk karya seni rupa terapan. Kerajinan batik telah lama dikenal di Indonesia dan merupakan karya seni rupa asli asal Indonesia. Namun sejarah tentang... Ragam Teknik Membuat Karya Seni Batik

Batik termasuk karya seni rupa terapan. Kerajinan batik telah lama dikenal di Indonesia dan merupakan karya seni rupa asli asal Indonesia. Namun sejarah tentang asal-usul batik sampai kini belum diketahui pasti siapa orang yang pertama kali membuat batik. Batik adalah seni rupa gambar pada kain. Proses pembuatannya dengan cara menerapkan malam pada kain, kemudian diproses dengan cara tertentu dan melalui tahapan pewarnaan sampai dengan tahap nglorot atau pembersihan malam dari kain.

Dalam membuat karya seni batik tidak hanya menggunakan satu atau dua teknik saja. Ada macam-macam teknik yang digunakan oleh para seniman batik dengan tujuan untuk menghasilkan karya seni batik yang berkualitas. Berikut ini macam-macam teknik pembuatan karya seni rupa terapan batik:

1.Batik Ikat Celup

Yaitu teknik membatik dengan cara tanpam menggunakan malam sebagai bahan penghalang. Caranya yaitu dengan cara mengikat kain dengan tali untuk menghalangi masuknya warna pada serat kain. Membatik dengan cara ini disebut juga dengan batik jumputan.

2.Batik Tulis

Yaitu teknik membatik dengan cara memberikan malam dengan menggunakan canting pada motif yang telah digambar di atas kain.

3.Batik Modern

Yaitu batik yang cara pembuatannya bebas dan tidak terikat dengan teknik pembuatan batik yang telah ada. Termasuk pemilihan motif dan warna. Sehingga hasil akhirnya tidak akan dijumpai bentuk, motif, dan pewarnaan, atau komposisi yang sama pada setiap produknya,

4.Batik Cap

Yaitu batik yang cara pembuatanya dengan menggunakan cap. Caranya adalah dengan menggunakan stempel besar yang terbuat dari tembaga yang diukir sesuai dengan pesanan gambar yang diinginkan. Pada pembuatan batik stempel kain tidak perlu digambar terlebih dahulu.

5.Batik Printing

Yaitu membuat batik dengan cara mencetak dengan menggunakan printer atau dengan cara sablon. Jenis batik printing banyak digunakan untuk seragam sekolah untuk para siswa, guru, dan seragam untuk karyawan kantor atau pabrik.

6.Batik Lukis

Yaitu karya seni batik yang pembuatannya dengan cara melukis. Pembuatan batik lukis, para seniman bebas dalam menggunakan alat apa saja untuk mendapatkan efek tertentu.

Untuk membuat karya seni batik yang berkualitas diperlukan kreativitas yang tinggi. Tidak hanya asal membuat batik begitu saja. Namun juga perlu diuji nilai estetikanya. Karya yang baik dapat mempunyai nilai seni yang tinggi, dan pemasarannyapun menjadi mudah karena banyak orang yang menyukainya.

 

Sumber: https://estetika-indonesia.blogspot.com/2015/12/macam-macam-teknik-membuat-karya-seni.html

sugihart@sugihart.com

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *