Sugihart Digital Art Gallery
Lima Patung Tertinggi di Indonesia Lima Patung Tertinggi di Indonesia
Di Indonesia terdapat banyak patung atau monumen penting. Ada yang tampak lebih menonjol dibanding lainnya, baik dari segi desain maupun tinggi. Barisan patung tertinggi... Lima Patung Tertinggi di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak patung atau monumen penting. Ada yang tampak lebih menonjol dibanding lainnya, baik dari segi desain maupun tinggi. Barisan patung tertinggi di Indonesia tersebut lantas dijadikan sebagai landmark atau penanda kawasan. Mari kita lihat patung apa saja yang menjadi patung tertinggi di Indonesia.

  1. Patung Garuda Wisnu Kencana 

Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disebut GWK merupakan proyek akbar milik pematung ternama, I Nyoman Nuarta. Patung ini memiliki tinggi 121 meter dan berlokasi di Bali, tepatnya di Ungasan, Badung.

Yang menarik perhatian dari patung ini, selain tingginya yang menjulang ke langit adalah durasi pembuatan dari patung ini. Patung yang memiliki bentuk dari Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda dibuat selama lebih kurang 28 tahun!

Tapi setelah mengalami halang-rintang, patung ini diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus 2018. Nyoman mengatakan untuk memberikan patung ini sebagai hadiah kemerdekaan untuk Indonesia.

 

  1. Patung Yesus Memberkati 

Untuk yang gemar film Hollywood, pasti nggak asing dengan Christ the Redeemer. Kalau masih belum familiar juga, pasti tahu salah satu kota di Brazil, Rio de Janeiro, punya patung Yesus ikonik yang selalu disorot ketika film tersebut berlatar kota Rio.

Nah, Manado juga punya, nih! Patung setinggi 50 meter yang memiliki kemiringan 20 derajat ini merupakan yang terbesar di Asia, Afrika, Australia, dan Eropa, lho! Dan kedua di dunia setelah patung legendaris Christ the Redeemer tadi. Untuk bisa mencapai patung ini butuh perjuangan keras, nih!

Siapkan tenaga dan air minum yang cukup, ya! Karena ada 200 anak tangga yang harus ditempuh dengan hanya 14 pemberhentian! Tapi pasti terbayar, deh, ketika sudah di puncak.

 

  1. Patung Yesus Burake 

Masih dengan patung yang meminjam bentuk Yesus, yang ini datang dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Memiliki perbedaan 10 meter dengan Patung Yesus Memberkati, patung Yesus Burake ini juga memiliki tinggi yang nggak main-main!

Dibuat oleh seniman dari tanah Minang, Niel El Fuadi, patung Yesus Burake ini terlihat membentangkan kedua tangannya ke depan seolah sedang memberkati seisi Tana Toraja.

 

  1. Patung Bunda Maria Assumpta 

Dari Tana Toraja, sekarang kita ke tanah lumpia. Selain lumpia, ada yang khas juga nih dari Semarang! Patung Bunda Maria Assumpta terletak di Kompleks Wisata Religi Gua Maria Kerep, Ambarawa Kabupaten Semarang.

Tinggi dari patung Bunda Maria ini mencapai 42 meter, lho! Yang menjadikan patung ini sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia. Nah, patung Bunda Maria Assumpta ini menghadap ke arah timur yang bermakna bahwa Bunda Maria senantiasa menyinari semua orang.

Di kepala patung Bunda Maria juga terdapat replica 7 pancaran sinar yang menggambarkan Sapta Duka Bunda Maria.

 

  1. Monumen Jalasveva Jayamahe 

Plesir nang Suroboyo, yo mesti nang Monjaya, rek! Bagaikan Monas (Monumen Nasional) dengan Jakarta, Gedung Sate dengan Bandung, Monjali (Monumen Jogja Kembali), arek Suroboyo juga punya monumen ikonik yang melambangkan kota tersebut!

Sebut saja Monjaya alias Monumen Jalesveva Jayamahe. Monjaya ini terletak di Ujung, Semampir, Surabaya. Dibuat oleh pematung tersohor asal Bali, I Nyoman Nuarta, patung ini memiliki tinggi yang fantastis yaitu 60, 6 meter!

Monjaya ini menggambarkan seorang prajurit TNI AL lengkap dengan pakaian dinas menghadap ke lautan dengan tegap. Patung ini terbilang sudah cukup lama karena didirikan dari tahun 1993!

Selain dimanfaatkan sebagai monumen, patung ini juga memiliki fungsi sebagai mercusuar penanda untuk kapal-kapal laut yang melintas di area perairan Surabaya.

 

source: Kompas.com

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *