Sugihart Digital Art Gallery
Tutorial Mudah Membuat Ecoprint Tutorial Mudah Membuat Ecoprint
Ecoprint merupakan teknik mewarna kain dengan alami menggunakan bahan-bahan asli dari alam. Teknik ecoprint sendiri dikatakan pertama kali diperkenalkan di Australia lalu merambah ke... Tutorial Mudah Membuat Ecoprint

Ecoprint merupakan teknik mewarna kain dengan alami menggunakan bahan-bahan asli dari alam. Teknik ecoprint sendiri dikatakan pertama kali diperkenalkan di Australia lalu merambah ke Indonesia karena bentuknya yang cantik dan unik. Motif dari ecoprint sendiri terbuat asli dari bahan yang digunakan, bahan yang lazim digunakan adalah dedaunan yang memiliki pigmen seperti daun jati. Mau tahu bagaimana cara membuat ecoprint? Yuk, simak tutorial berikut ini!

 

Bahan:

  • Selembar kain putih polos (sutera/mori)
  • Daun/tanaman yang memiliki pigmen (e.g. daun jati)
  • Kayu/pipa
  • Tali/benang
  • Gunting
  • Steamer (mesin pengukus)
  • Kompor portable
  • Cuka
  • Air
  • Ember

 

Cara:

  1. Celupkan satu lembar kain polos ke ember yang berisi campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Peras kain secara perlahan untuk mengurangi kadar air dari dalam kain dan bentangkan di atas permukaan datar.
  2. Letakkan daun di atas kain dan bentuk sesuai dengan motif yang diingingkan.
  3. Lipat kain menjadi dua bagian sama besar dan tempatkan sepotong pipa di bagian bawah kain kemudian gulung perlahan agar kain dapat menggulung sempurna di pipa.
  4. Lilitkan potongan benang di sepanjang bagian luar gulungan kain untuk mengunci posisi kain dan panaskan steamer yang sudah berisi air di dalamnya dengan api sedang.
  5. Setelah panas, kukus gulungan kain tersebut selama dua jam untuk memindahkan corak dari daun atau bahan alami lainnya ke kain.
  6. Angkat gulungan kain ketika sudah selesai dan diamkan hingga dingin sebelum membuka ikatan benang. Apabila ingin warna bertahan lebih tahan lama dan lebih pop out, kain dapat dicelup ke dalam air tawas setelahnya.

 

Kain cantik bermotif dan berbahan alami pun selesai dibuat! Solusi aman untuk yang bosan dengan pakaian cepat saji alias pakaian retail yang biasa kita temui di department store. Selain memiliki motif yang cantik dan satu-satunya, baju berbahan ecoprint ini juga aman karena dibuat dari tetumbuhan dan dedaunan alami! (mip)

 

 

Sumber: fitinline.com

Sumber gambar: angelabarrow.co.uk

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *