Sugihart Digital Art Gallery
Belajar Melukis dengan 5 Teknik Lukis Ini! Belajar Melukis dengan 5 Teknik Lukis Ini!
Surealis, naturalis, realis, merupakan aliran-aliran yang ada pada lukisan. Selain beragamnya aliran yang ada untuk melukis, teknik yang digunakan untuk melukis pun beragam yang... Belajar Melukis dengan 5 Teknik Lukis Ini!

Surealis, naturalis, realis, merupakan aliran-aliran yang ada pada lukisan. Selain beragamnya aliran yang ada untuk melukis, teknik yang digunakan untuk melukis pun beragam yang nantinya akan membuahkan hasil yang beragam juga. Berikut adalah beberapa teknik melukis yang telah Sugihart himpun untuk jadi inspirasi atau wadah belajar bagi yang ingin mulai melukis atau mempelajari teknik lukis baru. Simak infonya, ya!

 

  1. Teknik Pointilis

Apa yang terlintas di benak ketika mendengar kata ‘pointilis’? Apabila yang terbayang adalah kumpulan titik-titik maka Anda benar! Teknik melukis pointilis adalah teknik yang menggunakan banyak titik kecil untuk membentuk suatu figur pada lukisan. Teknik ini identik dengan hasil yang tampak kasar jika dilihat dari dekat namun terlihat natural dan halus ketika dipandang dari jauh.

 

 

  1. Teknik Tempera

Melukis dengan kuning telur! Terdengar aneh, namun teknik ini sebenarnya sudah ada berabad-abad lalu, lho! Alih-alih air, teknik tempera ini memanfaatkan telur sebagai campuran cat agar cat dapat lebih mudah merekat kepada mediumnya. Mediumnya sendiri rata-rata kayu atau tembok, jadi teknik tempera ini biasanya bukan untuk melukis di atas kanvas.

 

 

  1. Teknik Spray

Teknik spray atau dengan menyemprot ini lebih dikenal bahkan oleh orang-orang awam tentang seni karena hasil karya dari teknik lukis ini bisa kita temui tanpa harus pergi ke suatu tempat khusus. Biasanya terdapat di dinding-dinding bangunan terbengkalai, lukisan ini dikenal sebagai salah satu bentuk dari grafiti. Hasil lukisan dari teknik ini biasanya memiliki warna yang terang dan menarik perhatian serta terkesan nyata.

 

 

  1. Teknik hand painting

Dari namanya saja sudah terdengar menantang. Pasalnya, tidak semua orang memiliki tangan yang juga dapat difungsikan sebagai kuas untuk memulas cat menjadi sebuah lukisan indah. Tapi bagi sebagian orang, teknik ini cenderung lebih mudah, praktis dan hemat tentunya! Karena tidak perlu mencuci kuas setelah dipakai, bahkan tidak perlu membeli kuas sama sekali!

 

 

  1. Teknik Pasir

Yang satu ini sebenarnya sudah umum kita lihat, bahkan pertunjukan langsung sang seniman beratraksi menggunakan pasir untuk menciptakan karya seni brilian ini pun acapkali ditayangkan di televisi. Namun tetap saja hal tersebut masih mengundang decak kagum, karena menuangkan pasir dan membentuknya sesuai keinginan kita bukanlah hal yang mudah. Belum lagi hasilnya yang tampak indah dan memiliki kesan tersendiri dari pasir yang digunakan.

 

Setelah membaca kelima teknik di atas, sudah tertarik untuk mengeksplor teknik melukis Anda? Atau bahkan ingin memulai belajar melukis dengan salah satu teknik di atas? Apapun itu, jangan lupa hargai karya seni Indonesia! (mip)

 

 

Sumber: notepam

segiempat

lukisanku.id

britanicca

 

Sumber gambar: thefourwinds

Pexels

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *