Sugihart Digital Art Gallery
Tips Merawat Kerajinan Kayu Tips Merawat Kerajinan Kayu
Setelah memberikan tutorial cara membuat topeng sendiri di rumah, Sugihart akan memberikan tips untuk merawat agar baik topeng buatan sendiri maupun buah tangan berupa... Tips Merawat Kerajinan Kayu

Setelah memberikan tutorial cara membuat topeng sendiri di rumah, Sugihart akan memberikan tips untuk merawat agar baik topeng buatan sendiri maupun buah tangan berupa kerajinan kayu lainnya dapat bertahan lama. Langkah-langkah di bawah ini juga dapat dilakukan untuk memugar kembali kerajinan kayu yang tampak kusam dan kembali tampak seperti baru. Mari simak infonya!

 

Merawat Kerajinan yang Menggunakan Kayu Mentah (Tanpa Lapisan)

Kayu mentah yang dimaksud di sini adalah kayu yang tidak diberi lapisan anti air dan/atau anti minyak seperti melamin atau pelitur. Langkah yang bisa dillakukan untuk merawatnya adalah:

  1. Ampelas permukaan kayu

Permukaan pada kerajinan kayu—misalnya miniatur kayu diampelas terlebih dahulu. Ampelas hingga setiap sudut permukaan dan searah dengan serat kayu. Setelahnya, bersihkan permukaan kayu menggunakan kuas.

  1. Sapukan cairan linseed oil dengan kuas

Setelah diampelas dan permukaan kayu telah lebih halus dan merata, lapisi permukaan kayu dengan cairan linseed oil menggunakan kuas. Tunggu hingga beberapa saat sampai cairan meresap ke dalam permukaan kayu.

  1. Bersihkan cairan

Setelah dirasa kering, gunakan lap bersih untuk meratakan sisa cairan pada permukaan kerajinan kayu yang sebelumnya dilapisi linseed oil. Setelahnya, biarkan kering selama 1-2 jam.

  1. Ulangi langkah 2 & 3

Apabila dirasa masih kurang, langkah 2 dan 3 dapat dilakukan berulang kali hingga permukaan kerajinan kayu milik Anda tertutup sempurna dan dapat terlindung dari minyak dan air.

 

Merawat Kayu yang Menggunakan Lapisan Finishing

Kayu yang menggunakan lapisan finishing, berbanding terbalik dengan kayu mentah sebelumnya. Kayu jenis ini telah dilapisi oleh pelapis melamin atau pelitur untuk melindungi dari air dan minyak. Berikut langkah untuk merawatnya:

  1. Bersihkan kerajinan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kerajinan kayu kesayangan Anda dengan lap bersih yang kering.

  1. Lapisi dengan wax (lilin)

Setelah bersih, oleskan furniture wax pada kain lap bersih lalu gosok pada permukaan kayu dan searah dengan serat kayu. Usahakan agar tidak terlalu menekan ketika menggosok. Jika kerajinan kayu milik Anda terdapat banyak ukiran, encerkan wax terlebih dahulu dengan sedikit bensin atau terpentin. Lalu gunakan kuas lukis untuk mengoleskannya pada sudut-sudut detailnya.

  1. Keringkan

Biarkan sekitar 15 menit sebelum mengulangi lagi langkah 2 hingga hasilnya maksimal.

 

Membuat Kerajinan Kayu Lebih Mengilap

Apabila kerajinan kayu Anda terlihat mulai kusam dan kehilangan warna aslinya, cara ini dapat dilakukan untuk merawat kerajinan kayu milik Anda agar terlihat kembali mengilap dan seperti baru.

  1. Gunakan ampas kelapa

Ampas kelapa digosokkan kepada permukaan kayu, dan digosok searah serat kayu. Gosok dengan agak menekannya hingga ampas kelapa membentuk butiran-butiran kecil seperti pasir.

  1. Biarkan

Taruh kerajinan kayu selama sekitar 10 menit sebelum sisa-sisa ampas dibersihkan menggunakan lap kering yang bersih.

 

Cara ini juga dapat membantu untuk melapisi kerajinan kayu agar tidak mudah menyerap air. Namun sifatnya hanya temporer atau sementara sehingga perlu rutin dilakukan sekiranya 1-2 minggu sekali agar kayu tampak seperti baru dan bertahan dari terpaan air.

 

Itu dia beberapa tips merawat kerajinan kayu seperti dilansir pada kerajinan.id! Semoga dengan informasi ini, kerajinan kayu milik Anda di rumah dapat disulap kembali sehingga terlihat lebih baru dan terawat! (mip)

 

 

Sumber: kerajinan.id

 

Sumber gambar: woodcraft

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *