Sugihart Digital Art Gallery
Tak Lagi Bingung Memilih Batik dengan Tips Memilih Batik Ini! Tak Lagi Bingung Memilih Batik dengan Tips Memilih Batik Ini!
Batik di Indonesia memiliki banyak ragam, tiap ragam memiliki warna, motif, serta makna tersendiri. Seperti batik Mega Mendung asli Cirebon yang memiliki motif awan... Tak Lagi Bingung Memilih Batik dengan Tips Memilih Batik Ini!

Batik di Indonesia memiliki banyak ragam, tiap ragam memiliki warna, motif, serta makna tersendiri. Seperti batik Mega Mendung asli Cirebon yang memiliki motif awan bergulung dan didominasi warna cerah. Namun, dengan banyaknya jenis batik dan motif, kita juga harus jeli dalam memilih batik yang baik. Teknik batik memang banyak, namun kain tekstil yang diberi motif print batik, seperti kata Tri Utomo, pemilik Omah Batik Ngesti Pandowo yang dilansir pada Kompas Travel, bukanlah bagian dari kain batik melainkan kain print batik. Berikut beberapa tips agar tidak kecele membeli batik dengan kualitas rendah atau bahkan bukan batik itu sendiri:

  1. Bau dari Kain

Coba cium dulu kainnya. Batik kualitas utama adalah yang dibuat dengan tangan, dengan beragam teknik seperti ditulis maupun dicap. Nah, kain polos tekstil yang kemudian diberikan motif batik di atasnya seperti disebutkan sebelumnya bukan termasuk batik melainkan kain print batik. Kain batik asli mengeluarkan bau malam dan tidak menyengat. Sedangkan kain print batik mengeluarkan bau tekstil yang menyengat.

  1. Lihat Tiap Bagian Kain

Batik yang melewati proses pencantingan ataupun pengecapan dengan menggunakan lilin, akan tembus ke bagian belakang. Serta motif di tiap bagian kain sama persis, berbeda dengan kain print yang satu bagian memiliki motif dan bagian lainnya biasanya polos berwarna putih atau warna dasar dari kain tersebut.

  1. Kerapian Motif

Perlu diperhatikan juga kerapian dari motifnya, makin presisi dan makin rapi motif yang ada pada kain batik maka kemungkinan kain tersebut adalah kain print batik dan bukan kain batik. Karena kain print batik dibuat menggunakan mesin. Sedangkan kain batik yang dibuat tangan, hasilnya akan sedikit lebih asimetris namun hal tersebut yang membuatnya memiliki nilai seni lebih.

  1. Lihat Harga

Ungkapan “Ada harga ada rupa,” memang dapat dikatakan benar. Karena biasanya barang berkualitas tinggi akan memiliki harga jual yang tinggi juga. Apabila harga kain batik asli biasanya pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah, kain print batik cenderung lebih murah dengan range harga di puluhan ribu.

  1. Keseragaman Motif

Karena dibuat secara masal, kain print batik biasanya menghasilkan satu motif dalam jumlah banyak sehingga kesan eksklusif dari kain tersebut akan berkurang dan kemungkinan adanya kesamaan motif kain Anda dengan milik orang lain akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kain batik. Jadi kain batik memiliki ragam motif yang lebih sedikit sehingga lebih berkesan eksklusif.

Itulah tips untuk memilih kain batik! Kembali lagi, semua memang tergantung preferensi masing-masing. Namun, apabila Anda pencinta batik sejati, tidak ada salahnya mengikuti tips di atas agar koleksi batik Anda tetap berkualitas tinggi dan merupakan batik asli! Selain itu, dengan membeli batik asli, kita juga secara tidak langsung turut andil dalam melestarikan batik di Indonesia. Jadi, mari beli batik asli! (mip)

 

 

Sumber: Kompas Travel

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *