Sugihart Digital Art Gallery
Terapkan Tips Berikut Agar Koleksi Rajutan Anda Tetap Awet! Terapkan Tips Berikut Agar Koleksi Rajutan Anda Tetap Awet!
Rajutan atau kegiatan merajut sering diidentikkan dengan wanita lanjut usia. Tidak dapat dipungkiri, karena kegiatan tersebut memerlukan ketelitian dan menguras waktu. Namun karena kini... Terapkan Tips Berikut Agar Koleksi Rajutan Anda Tetap Awet!

Rajutan atau kegiatan merajut sering diidentikkan dengan wanita lanjut usia. Tidak dapat dipungkiri, karena kegiatan tersebut memerlukan ketelitian dan menguras waktu. Namun karena kini ragam mode makin berkembang, pakaian maupun beragam kerajinan hasil rajutan banyak digandrungi masyarakat.

Meskipun memiliki tekstur yang tidak mudah lecek, tapi kerajinan-kerajinan yang dirajut ini juga harus dirawat dengan hati-hati. Salah salah, bahannya bisa melar atau bahkan warnanya pudar! Untuk menghindari hal tersebut, Sugihart punya tips agar beragam kerajinan rajutan di rumah dapat bertahan lama baik tekstur dan warnanya. Yuk, simak!

 

  1. Kenali Bahan

Sebelum membeli, baiknya kenali dulu bahan apa yang digunakan untuk hasil rajutan kesayangan! Berikut beberapa jenis benang yang sering ditemui untuk rajutan beserta cara mencuci yang dianjurkan:

Wool Superwash yang memiliki serat benang banyak bisa dicuci menggunakan tangan atau dengan mesin cuci dengan putaran lembut sedangkan Wool biasa dicuci menggunakan tangan dengan air dingin. Sedangkan rajutan berbahan Katun, Linen, dan Rami sama seperti wool superwash, dapat menggunakan tangan dan mesin cuci dengan putaran lembut, juga dapat dicuci dengan air hangat maupun dingin. Akrilik dan bahan yang terbuat dari benang sintetis dapat dicuci seperti biasa. Yang berbahan Fiber harus dicuci dengan air dingin dan dikeringkan dengan dihamparkan di permukaan datar.

  1. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Matahari

Terik matahari dapat membuat warna dari rajutan kesayangan Anda memudar. Belum dengan teknik menjemur menggunakan gantungan baju atau hanger tidak disarankan karena dikhawatirkan akan membuat bahan rajutan melar. Cara menjemur rajutan yang disarankan adalah dengan membentangkannya di atas permukaan datar seperti meja yang sudah dialasi dengan handuk kering. Setelahnya, tepuk perlahan agar air dapat diserap dengan mudah oleh handuk di bawahnya.

  1. Lebih Baik Tidak Disetrika

Pakaian maupun kerajinan lain yang dirajut lebih baik tidak disetrika karena akan merusak bahan. Juga, bahan yang digunakan untuk rajutan biasanya tidak mudah kusut sehingga tidak perlu disetrika. Apabila memang ingin disetrika, bisa disetrika dengan suhu rendah dan tidak disetrika terlalu lama.

 

Jadi, itu beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga kualitas dari beragam kerajinan yang dirajut. Dengan tips ini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengoleksi kerajinan rajutan sebanyak-banyaknya tanpa khawatir kualitasnya menurun atau gampang melar! (mip)

 

Sumber: Tribun JABAR

miignon

Sumber gambar: Pexels

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *