Sugihart Digital Art Gallery
Rawat Lukisan Kesayangan Anda Lewat Tips Ini! Rawat Lukisan Kesayangan Anda Lewat Tips Ini!
Mengoleksi lukisan bisa jadi kebanggaan tersendiri, apalagi bagi pencinta seni. Proses pembuatannya yang rumit, belum lagi beragam ritual yang dilakukan pelukis hingga terlahirnya sebuah... Rawat Lukisan Kesayangan Anda Lewat Tips Ini!

Mengoleksi lukisan bisa jadi kebanggaan tersendiri, apalagi bagi pencinta seni. Proses pembuatannya yang rumit, belum lagi beragam ritual yang dilakukan pelukis hingga terlahirnya sebuah adikarya. Jadi tak heran apabila pelukis mematok harga tinggi yang setara dengan nilai yang ada di lukisan buatannya. Maka itu, sungguh disayangkan apabila lukisan bernilai tinggi Anda tidak dirawat dengan layak dan kualitasnya lambat laun menurun.

Untuk mencegahnya, Sugihart punya beberapa tips agar lukisan kesayangan tetap terlihat seperti baru dan tetap tampak indah ketika dipajang baik di rumah maupun di kantor Anda! Berikut beberapa tipsnya:

 

  1. Hindari Paparan Matahari

Ketika memajang lukisan, kebanyakan orang ingin menggantungnya di tempat atau ruangan yang dilihat banyak orang. Namun, perlu diperhatikan juga ruangan yang di dalamnya akan dipajang lukisan.

Lukisan sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung, karena dikhawatirkan warna dari lukisan akan memudar yang berdampak merubah suasana dari lukisan itu sendiri. Juga, hindari menggantung di dinding yang lembab atau ruangan dengan temperatur tidak stabil. Karena dinding yang basah akan mengakibatkan lukisan cepat rusak—sesuatu yang tentunya Anda hindari!

  1. Gantungan Lukisan

Jika Anda menggantung atau berencana menggantung lukisan kesayangan, sebaiknya gunakan paku yang besar dan kokoh yang terbuat dari baja atau stainless steel. Paku biasa akan cepat rapuh hingga lukisan Anda dapat jatuh secara tiba-tiba kapan saja

  1. Membersihkan Lukisan

Yang satu ini memang agak tricky. Jangan terlalu sering membersihkan lukisan, tapi juga jangan biarkan lukisan tertumpuk debu dalam jangka waktu yang lama! Jadi ketika dirasa debu yang menempel di lukisan sudah terlalu tebal, bersihkan permukaan lukisan dengan secara perlahan dan lembut. Gunakan sikat halus atau kain berbahan fiber mikro yang lembut agar tidak merusak permukaan lukisan. Pada bagian belakang lukisan dapat dibersihkan dengan sikat yang lebih besar dan kasar. Hindari menyentuh lukisan secara langsung menggunakan tangan, ya!

  1. Gunakan Easel

Lukisan memang lebih baik dibentangkan dan dipajang. Jangan diletakkan begitu saja. Selain dikhawatirkan akan merusak lukisan itu sendiri, akan disayangkan apabila lukisan dengan nilai seni tinggi dibiarkan begitu saja. Apabila Anda tinggal di tempat yang tidak memperbolehkan untuk melubangi dinding tempat tinggal, jangan khawatir! Gunakan saja easel atau sandaran kayu yang biasa digunakan untuk melukis. Plus point! Estetika dari lukisan pun akan bertambah dengan kesan natural yang diperlihatkan dari lukisan yang diletakkan di ‘tempat ia dibuat’ sebelumnya.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat lukisan kesayangan! Kini, mengoleksi lukisan bukan lagi perkara rumit merawatnya dan repot. Anda juga tidak akan khawatir akan rusaknya lukisan atau memudarnya warna dari lukisan dan lantas malas untuk mengoleksinya kendati menggemarinya. Namun, apabila lukisan terkena noda minyak maupun kotoran serangga, baiknya serahkan kepada yang ahli untuk menghindari rusaknya lukisan Anda! (mip)

 

 

Sumber: Wolipop

Vemale

 

Sumber gambar: Pexels

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *