Sugihart Digital Art Gallery
Menantang Batas di Festival Bebas Batas Menantang Batas di Festival Bebas Batas
Keterbatasan yang dimiliki tidak membuat mereka yang berpartisipasi dalam Festival Bebas Batas yang diselenggarakan oleh British Council, salah satu organisasi budaya Inggris di bergerak... Menantang Batas di Festival Bebas Batas

Keterbatasan yang dimiliki tidak membuat mereka yang berpartisipasi dalam Festival Bebas Batas yang diselenggarakan oleh British Council, salah satu organisasi budaya Inggris di bergerak di bidang pendidikan. Di Indonesia, British Council kerap mengadakan festival maupun kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat.

Festival Bebas Batas merupakan sebuah festival seni, mulai dari seni rupa, musik, teater dan tari, film hingga workshop. Yang membuatnya spesial, festival yang rencananya akan digelar pada Jumat (12/10) mendatang ini diikuti oleh penyandang disabilitas baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Beberapa nama yang dikabarkan akan mengikuti festival yang rencananya akan diselenggarakan selama 17 hari ini antara lain Candoco, grup tari dari Inggris yang berkolaborasi dengan CanDoDance, grup tari asal Indonesia. Keduanya merupakan grup tari yang lincah dan memiliki arti dari tiap gerakannya. Kedua grup ini pun menunjukkan bahwa tongkat penyangga, kaki prostetik, kruk, dan sebagainya tidak menjadi halangan bagi mereka untuk tampil dengan memukau di berbagai penampilannya. Sebaliknya, alat-alat tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri dan kerap digunakan di beberapa koreografi tari.

Selain itu, Teatum Jones, perancang asal Inggris juga akan berkolaborasi dengan Sean dan Sheila, perancang asal Indonesia untuk ‘bercerita’ mengenai kisah manusia dengan mode dan fesyen. Masih banyak lagi kolaborasi antara seniman bertalenta mancanegara dengan anak bangsa.

Festival Bebas Batas mempercayakan Galeri Nasional, tempat yang tidak asing sebagai ‘rumah’ dari beragam pameran dan acara seni, sebagai venue dari festival seni perdana yang didedikasikan untuk penyandang disabilitas. Untuk dapat menikmati berbagai acara dan karya di Festival Bebas Batas, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Jadi, mari datang dan ramaikan! (mip)

 

 

Sumber: British Council 

 

Sumber gambar: disabilityartsinternational.org

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *