Sugihart Digital Art Gallery
Lebih Peka di Pameran Seni dengan Beberapa Tips Ini! Lebih Peka di Pameran Seni dengan Beberapa Tips Ini!
Banyaknya pameran seni yang diadakan menandakan banyaknya juga peminat terhadap pameran-pameran seni. Maraknya penggunaan media sosial seperti Instagram juga menjadi salah satu alasan banyak... Lebih Peka di Pameran Seni dengan Beberapa Tips Ini!

Banyaknya pameran seni yang diadakan menandakan banyaknya juga peminat terhadap pameran-pameran seni. Maraknya penggunaan media sosial seperti Instagram juga menjadi salah satu alasan banyak orang berbondong-bondong datang ke berbagai pameran seni untuk berburu sudut instagrammable yang untuk mempercantik linimasa profil masing-masing.

Hal tersebut lumrah dilakukan sebagai salah satu dari sekian banyak cara untuk mengapresiasi karya seni. Namun selain memotret karya, Alexander Thian—seorang konten kreator dan story teller yang lebih dikenal sebagai @amrazing dari salah satu platform media sosial—Twitter, memberikan beberapa tip untuk menikmati karya seni ‘seutuhnya’, yang dilansir dari kumparan.

  1. Riset, riset, riset!

Bukan cuma penelitian ternyata yang butuh riset, tapi untuk mendalami sebuah karya, ada baiknya adakan riset kecil-kecilan terhadap seniman atau karya itu sendiri. Karena setiap karya biasanya diciptakan dengan tujuan tertentu, dan memiliki makna maupun filosofi tersendiri. Alexander Thian atau Alex mengaku mendapatkan informasi-informasi seperti seberapa tinggi suatu karya pernah terjual, proses pembuatan, hingga rekor dunia apa yang pernah dipecahkan sebuah karya semua dari googling! Maka itu Alex menghimbau untuk jangan malas untuk mencari tahu lebih dalam.

  1. Gunakan Fasilitas Multimedia yang Ada

Biasanya, pada pameran seni terdapat fasilitas multimedia yang ada di dekat karya tersebut misalnya berupa audio guide. Dari audio guide, kita bisa mengetahui sejarah dari seniman maupun proses pembuatan karya dan pesan yang ingin disampaikan oleh seniman lewat karya tersebut.

  1. Tanya ke kurator

Jangan ragu untuk bertanya ke kurator di pameran seni! Karena adanya kurator memang salah satunya untuk melayani beberapa pertanyaan pengunjung seputar pameran. Dengan bertanya ke kurator, kita akan lebih mengetahui baik tentang karya, seniman, maupun pameran itu sendiri!

  1. Batasi selfie!

Memang sepertinya sayang untuk melewatkan karya-karya brilian yang ada di sebuah pameran, rasanya ingin mengabadikan seluruh karya dengan memotretnya. Selain itu, untuk mengingat momen bahwa seseorang pernah ada di tempat tersebut, biasanya memotret dirinya bersandingan dengan karya tersebut dengan melakukan selfie atau swafoto.

Lumrah saja melakukan swafoto dengan karya, namun yang perlu diingat adalah kita bukan satu-satunya pengunjung di sana yang ingin menikmati karya tersebut. Jadi jangan berlama-lama berswafoto di satu karya hingga mengganggu orang lain, apalagi sampai menyentuh karya, ya!

Itu adalah beberapa tips untuk mengapresiasi karya apabila berkunjung ke pameran! Semoga setelah ini, kunjungan pameran Anda selanjutnya dapat terasa lebih menyenangkan dan lebih intimate dengan karya yang ada. Jangan lupa apresiasi terus karya dan budaya Indonesia! (mip)

 

 

Sumber: kumparan

 

Sumber gambar: Pexels

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *