Sugihart Digital Art Gallery
Penasaran Seperti Apa Lukisan Tertua di Dunia? Yuk, Lihat! Penasaran Seperti Apa Lukisan Tertua di Dunia? Yuk, Lihat!
Seni melukis kini telah digemari banyak orang. Pun lebih banyak orang yang dapat mengapresiasi salah satu bidang seni yang dikatakan telah berdiri ribuan tahun... Penasaran Seperti Apa Lukisan Tertua di Dunia? Yuk, Lihat!

Seni melukis kini telah digemari banyak orang. Pun lebih banyak orang yang dapat mengapresiasi salah satu bidang seni yang dikatakan telah berdiri ribuan tahun lamanya. Hingga kini seni lukis ini memiliki banyak aliran, mulai dari surealis, impresionisme, hingga abstrak. Namun, jauh sebelum lahirnya aliran-aliran tersebut, seni lukis dulunya menghasilkan sesuatu yang sederhana dalam mengekspresikan rasa.

Para ilmuwan yang meneliti gua menemukan beberapa lukisan di gua di Indonesia dan lalu menyatakan bahwa lukisan-lukisan tersebut merupakan lukisan tertua di dunia. Terletak di wilayah Maros, Sulawesi Selatan, lukisan tersebut diperkirakan sudah ada sejak 40.000 tahun silam. Pada tahun tersebut, diperkirakan nenek moyang sudah mampu membuat lukisan sederhana seperti yang ditemukan para ilmuwan.

Lukisan yang ditemukan bukanlah merupakan lukisan wajah atau berupa goresan indah seperti yang banyak dikenal sekarang. Lukisan tersebut hanya berupa bentuk tangan di dinding gua. Diperkirakan, lukisan dibuat hanya dengan melumuri tangan dengan cairan seperti cat lukis dan lalu menempelkannya ke dinding gua.

Di Prancis, tepatnya pada gua Pont d’Arc juga terdapat lukisan gajah purba dengan lukisan cap kaki manusia yang berada di sebelahnya. Usia dari lukisan gajah purba ini diperkirakan mencapai 30.000 tahun dan karya kuno ini juga telah masuk ke dalam UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

 

Sumber: Tribun Jabar

 

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *