Sugihart Digital Art Gallery
Menelusuri Komik Asia di Wonderland of Asian Comics! Menelusuri Komik Asia di Wonderland of Asian Comics!
Ketika membicarakan seni, akan banyak bidang yang terlintas, mulai dari musik, teater, hingga gambar. Dalam seni gambar juga terdapat banyak bidang yang dieksplor oleh... Menelusuri Komik Asia di Wonderland of Asian Comics!

Ketika membicarakan seni, akan banyak bidang yang terlintas, mulai dari musik, teater, hingga gambar. Dalam seni gambar juga terdapat banyak bidang yang dieksplor oleh masing-masing seniman, salah satunya adalah komik. Anggapan bahwa komik hanya dapat dinikmati oleh anak-anak berangsur pudar. Pasalnya, pada beberapa komik, konten yang dimuat justru tidak diperuntukkan untuk anak-anak.

Jenis komik yang populer di Indonesia pun beragam, mulai dari komik dari Asia seperti manga dari Jepang, manhwa dari Korea, hingga seri komik dari dua penerbit komik raksasa asal Amerika seperti Marvel dan DC. Gaya yang dianut komik-komik tersebut pun berbeda-beda, dari teknik penggambaran, plot cerita, dan lain-lain.

Paul Gravett, pakar komik ternama asal Inggris sekaligus penemu majalah Escape, bersama dengan Hikmat Darmawan yang juga pakar komik ternama dari Indonesia di Koalisi Seni Indonesia (KSI) akan menelusuri sejarah dari perkembangan dan pengaruh dari komik itu sendiri di pameran komik bertajuk “Wonderland of Asian Comics”. Melalui pameran komik tersebut, mereka juga ingin mendalami bahasa visual dari cergam (cerita bergambar).

Dalam pameran yang diselenggarakan oleh British Council dan bekerjasama dengan Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) dan Publik Kultur tersebut, juga akan ada diskusi atau talk show bersama Paul dan Hikmat. Topik yang akan diangkat adalah tentang perbedaan yang ada pada visual komik di Asia dan Eropa yang berlainan namun keduanya dapat memengaruhi satu sama lain.

Wonderland of Asian Comics (WoAC) akan diselenggarakan selama 44 hari, mulai dari Kamis (18/10) hingga Jumat (30/11). Bertempat di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan. Pameran akan dibuka selama 12 jam setiap harinya, dari pukul 09.00 hingga 21.00. Jika ingin berkunjung, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang dikeluarkan karena WoAC tidak mengenakan HTM atau Harga Tiket Masuk—alias, ya, gratis! Jadi, mari datang dan ramaikan event ini terutama bagi Anda penggemar komik! (mip)

 

Sumber: Lokét

Sumber gambar: Pexels

Jurnal Otaku

Pujangga Webtoon

Comic Book

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *