Sugihart Digital Art Gallery
Melukis dapat Meningkatkan Kecerdasan dan Beberapa Manfaat Lainnya! Melukis dapat Meningkatkan Kecerdasan dan Beberapa Manfaat Lainnya!
Kegiatan berseni kerap dianggap sebagai kegiatan non-akademis atau tidak berkaitan dengan pendidikan formal di sekolah. Sehingga terkadang, kegiatan berseni dianggap sebelah mata. Namun ternyata... Melukis dapat Meningkatkan Kecerdasan dan Beberapa Manfaat Lainnya!

Kegiatan berseni kerap dianggap sebagai kegiatan non-akademis atau tidak berkaitan dengan pendidikan formal di sekolah. Sehingga terkadang, kegiatan berseni dianggap sebelah mata. Namun ternyata dengan melukis, selain meningkatkan kemampuan melukis itu sendiri dapat banyak bermanfaat juga bagi otak manusia, dan dikatakan dapat bermanfaat bagi kecerdasan. Berikut Sugihart berikan beberapa informasi mengenai manfaat dari melukis seperti berikut:

 

  1. Meningkatkan Kreativitas

Melukis dan kegiatan berseni lainnya dilakukan menggunakan imajinasi yang nantinya akan terus terasah seiring dengan berjalannya kegiatan berseni tersebut. Meskipun kedengarannya tidak memiliki hubungan dengan kegiatan akademis, namun tajamnya imajinasi seseorang terutama anak-anak akan memudahkannya dalam menerima teori baru dan menyampaikan opini maupun gagasan mereka.

  1. Lebih Lancar Berkomunikasi

Selain menggunakan imajinasi, melukis, menggambar dan kegiatan berseni lainnya juga melibatkan perasaan serta keadaan batin sang seniman. Dengan emosi yang tak terlukiskan dapat tertuang dengan baik lewat lukisan, seni dapat menjadi ‘jalan keluar’ bagi segala keterbatasan diri dari individu. Sehingga dengan melukis, seseorang akan lebih leluasa dalam menyampaikan emosi diri.

  1. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Dengan terbiasanya mencipta dari kanvas maupun kertas gambar yang kosong sehingga menjadi sebuah karya, seseorang akan terbiasa berpikir di luar batas atau out of the box. Dengan kemampuan seperti itu, maka orang tersebut akan lebih mudah untuk berpikir mengenai beragam jalan keluar dari sebuah masalah serta jalan yang efisien untuk memecahkan masalah tersebut.

  1. Lebih Memerhatikan Detail

Dalam membuat lukisan, diperlukan berbagai macam aspek agar lukisan tersebut lebih terlihat hidup. Seperti arah cahaya, shading, gradasi warna, arsiran, dan detail dari lukisan lainnya memerlukan perhatian khusus dari pelukisnya. Dengan begitu, matanya akan terbiasa melihat hal dengan rincian halus. Ini juga akan meningkatkan konsentrasi orang tersebut.

  1. Memahami Diri Sendiri Lebih Dalam

Ketika melukis, pelukis biasanya akan membiarkan perasaannya ikut mengalir dalam lukisan yang dibuatnya. Hal ini membuatnya dapat memahami lebih dalam tentang perasaan yang sedang dialami yang juga akan berdampak positif bahkan dapat dikatakan meningkatkan kecerdasan emosional dari sang pelukis. Selain bagi pelukis, lukisan yang dibuatnya akan memberikan emosi yang ingin ditujukan oleh sang pelukis. Sehingga penikmat lukisan tersebut akan ikut hanyut dalam emosi yang tertuang pada lukisannya.

 

Begitulah beberapa manfaat dari melukis! Semoga bermanfaat dan mari hargai karya dan kerajinan seni Indonesia! (mip)

 

Sumber: Handoko Aji

 

Sumber gambar: Pexels

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *