Sugihart Digital Art Gallery
Yuk, Buat Lilin Dekoratif Multifungsi dengan Tutorial Ini! Yuk, Buat Lilin Dekoratif Multifungsi dengan Tutorial Ini!
Ada banyak pilihan dekorasi yang dapat dijadikan pilihan untuk menghias rumah maupun kantor. Salah satunya yang sedang diminati banyak orang adalah lilin aroma terapi.... Yuk, Buat Lilin Dekoratif Multifungsi dengan Tutorial Ini!

Ada banyak pilihan dekorasi yang dapat dijadikan pilihan untuk menghias rumah maupun kantor. Salah satunya yang sedang diminati banyak orang adalah lilin aroma terapi. Namun lilin-lilin tersebut biasanya dijual di pasaran dengan harga yang relatif mahal dan bentuknya yang cukup besar sehingga memakan tempat untuk menaruhnya. Sugihart punya tutorial membuat lilin dekoratif yang bisa difungsikan sebagai pajangan dan juga sebagai aroma terapi! Simak infonya di bawah:

 

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

 

  1. Sumbu Lilin
  2. Kabel untuk menegakkan sumbu
  3. Bahan lilin (bisa berupa parafin, lilin lebah (malam), lilin pengusir nyamuk atau minyak sereh (citronella)
  4. Panci untuk mencairkan lilin
  5. Gelas, cangkir, atau cetakan kue tartlet
  6. Panci yang lebih besar untuk mendinginkan lilin
  7. Aksesori untuk menghias: pewarna, kepingan kaca warna-warni, essential oil

 

Langkah:

 

  • Siapkan wadah atau cetakan. Letakkan sumbu di tengah, gunakan kawat sepanjang diameter permukaan wadah maupun cetakan tadi yang nantinya berfungsi untuk menopang sumbu. Simpulkan bagian atas sumbu pada kawat agar sumbu tetap tegak.
  • Lelehkan bahan lilin yang Anda siapkan pada panci. Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan warna maupun essential oil pada bahan lilin Anda. Namun karena masih dalam tahap pelelehan, warna maupun wewangian yang ditambahkan tidak akan sekuat ketika pertama dicampurkan.
  • Taruh wadah pada tempat yang pas untuk menghindari wadah bergoyang dan merusak bentuk lilin. Tuangkan lilin ke dalam wadah secara perlahan dan jangan dulu mengisi hingga memenuhi wadah. Sisakan sekitar 2 cm dari permukaan sehingga lilin tidak akan tumpah saat diletakkan dalam panci berisi air dingin. Untuk berjaga-jaga, sediakan lilin cair. Agar tidak terdapat gelembung pada lilin, tepuk sisi wadah dengan lembut.
  • Isi panci dengan air dingin yang tingginya tidak melebih wadah. Letakkan wadah berisi lilin pada panci berisi air tersebut untuk mempercepat proses pendinginan.
  • Setelah lilin mengeras, bagian tengah lilin akan berbentuk cekung. Apabila Anda ingin permukaannya datar, dapat ditambahkan lagi dengan lilin cair. Lalu lilin dapat dilepaskan dari wadahnya atau apabila Anda menggunakan wadah bening, lilin dapat tetap diletakkan di dalam wadah. Lepaskan sumbu dari kawat penegaknya. Dan gunting sumbu sesuai dengan kebutuhan. Setelah lilin dingin Anda juga dapat mengukir sisi lilin sesuai keinginan.

 

Itulah cara membuat lilin DIY atau do it yourself untuk pajangan di rumah maupun kantor! Dengan menambahkan pewarna, aksesori maupun wewangian, fungsi lilin bukan hanya untuk menerangi ruangan namun juga memberi ketenangan dari wangi essential oil dan mempercantik isi ruangan! (mip)

 

Sumber: Republika

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *