Sugihart Digital Art Gallery
Kerajinan Unik dan Bermanfaat dari Kertas! Kerajinan Unik dan Bermanfaat dari Kertas!
Apabila kertas biasanya digunakan sebagai media maupun alas pada sebuah karya seni, Anda juga dapat menggunakannya sebagai objek seni yang cantik dan bernilai tinggi!... Kerajinan Unik dan Bermanfaat dari Kertas!

Apabila kertas biasanya digunakan sebagai media maupun alas pada sebuah karya seni, Anda juga dapat menggunakannya sebagai objek seni yang cantik dan bernilai tinggi! Karya seni yang menggunakan kertas sebagai bahan utamanya memang terbilang sulit dan memerlukan konsentrasi serta ketelitian tinggi. Berikut beberapa jenis kerajinan yang menggunakan kertas sebagai bahan utamanya:

 

  1. Origami (Seni Lipat Kertas)

Nama origami sudah banyak dikenal masyarakat luas. Seni lipat kertas yang berasal dari Jepang ini memang memiliki sejarah tersendiri di Jepang dan juga digunakan dalam beberapa ritual keagamaan di Jepang. Banyaknya ragam dan cara membuat kertas lipat ini membuatnya banyak digemari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil dengan lipatan-lipatan sederhana hingga lipatan yang lebih rumit yang banyak digemari orang dewasa.

 

  1. Kirigami (Seni Potong Kertas)

Sama-sama berasal dari Jepang, kirigami memiliki beberapa perbedaan dibanding dengan origami. Kata kiri dalam kata kirigami berasal dari kata kiru yang berarti memotong dalam bahasa Jepang sehingga kirigami dapat dikatakan sebagai seni memotong kertas sehingga membentuk sesuatu. Awalnya, kirigami digunakan dalam seni dua dimensi. Dengan kertas yang memiliki beberapa lubang untuk membuat bentuk tertentu seperti bunga, binatang, dan lain-lain.

Namun kini, kirigami sudah dikembangkan menjadi seni tiga dimensi dengan menggabungkan beberapa kertas menjadi satu sehingga menciptakan hasil yang lebih nyata. Selain dengan menggabungkan beberapa hasil kirigami untuk membuat bentuk tiga dimensi, bisa juga dengan menggunakan bingkai kaca transparan lalu menyelipkan kirigami di tengahnya untuk menimbulkan ilusi tiga dimensi.

 

  1. Quilling (Seni Gulung Kertas)

Apabila kedua seni yang sebelumnya dibahas berasal dari Jepang, yang satu ini berasal dari Eropa. Seni yang menggunakan kertas ini juga awalnya ada untuk beberapa ritual keagamaan di Eropa. Meskipun belum banyak yang tahu tentang quilling dibanding dengan origami, tapi seni ini sudah ada di Eropa sejak abad ke-17!

Karena beberapa gulungan dinilai lebih kompleks, terutama gulungan-gulungan yang berbentuk kecil, quilling ini memiliki jarum khusus. Agar gulungan yang dihasilkan dapat lebih rapi dan lebih seragam ukurannya. Namun terkadang, agar menghasilkan kesan handmade yang lebih disukai beberapa orang, gulungan dibuat dengan tangan sehingga menghasilkan ukuran serta bentuk yang berbeda-beda. Hal tersebut dinilai memiliki nilai seni yang lebih tinggi.

  1. Pop Up

Seni kertas yang satu ini tengah populer kembali baru-baru ini. Awalnya ditemukan oleh biarawan Inggris bernama Matthew Paris pada abad ke-13 yang digunakan sebagai salah satu alat keagamaan. Dilanjutkan pada tahun 1543 oleh Andreas Valius sebagai buku penjelasan anatomi manusia.

Setelahnya konsep pop up pada buku banyak digunakan pada buku bergambar anak-anak. Namun sekarang, seni pop up kertas juga ramai digunakan sebagai hadiah seperti pada scrapbook atau sebagai kartu ucapan dengan beragam gambar dan bentuk yang dapat di-customize sesuai permintaan.

 

Itulah beberapa seni yang menggunakan kertas di rumah! Jadi sebelum membuang kertas-kertas atau koran bekas di rumah, coba dulu beberapa teknik seni kertas ini agar selain dapat mengurangi limbah kertas, Anda juga dapat menambah pajangan serta hiasan unik di dalam rumah! (mip)

 

Sumber: IDNtimes

 

Sumber gambar: IDNtimes

Rimma

Masfikr

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *