Syarat & Ketentuan

  1. Sugihart Digital Imaji adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha web portal www.sugihart.com, yakni situs pencarian barang seni dan atau yang mempunyai nilai karya seni yang dijual oleh seniman yang terdaftar. Yang selanjutnya disebut Sugihart.
  2. Syarat dan ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Sugihart yang berisikan peraturan – peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Sugihart, serta tata acara penggunaan system layanan Sugihart.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Sugihart, yang tidak membatasi pihak manapun yang hanya sekedar berkunjung ke situs Sugihart.
  4. Pembeli adalah pengguna yang sudah terdaftar dan melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Sugihart.
  5. Penjual adalah pengguna yang sudah berkerjasama dengan Sugihart, dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati antara penjual dengan Sugihart.
  1. Pengguna wajib menjaga data pribadi miliknya dari kerusakan/kehilangan, dan mencegah data pribadi miliknya tidak disalah gunakan oleh pihak lain.
  2. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa Sugihart tidak dapat dimintai pertanggung jawaban oleh pengguna dan atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi, seperti :
  • Kehilangan data pribadi.
  • Pemalsuan data pribadi pengguna.
  • Kehilangan atau kerugian lain apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu terjadi dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap suatu perikatan atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya.
  • Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan data pribadi atau akun milik pengguna yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
  • Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan/atau terdapat gangguan terhadap layanan Sugihart akibat terjadinya force majeure, yang termasuk tapi tidak terbatas seperti bencana alam, kebakaran, huruhara, tindakan pihak yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan layanan, tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Sugihart tidak dapat menyediakan layanan, adanya keputusan atau perubahan keputusan dari instansi terkait termasuk pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan layanan ini.
  1. Pengguna setuju untuk melepaskan dan membebaskan Sugihart, perusahaan yang terafiliasinya dan direkturnya, komisarisnya karyawan dan agennya dari dan terhadap semua tuntutan , kewajiban, kerugian dan biaya yang timbul dari penggunaan dan atau pengaksesan layanan, pelanggaran atas suatu syarat dalam Syarat & Ketentuan Umum ini oleh pengguna. Pelanggaran terhadap suatu hak pihak ketiga manapun, yang tidak terbatas pada hak atas kekayaan intelektual, aset baik yang berupa harta bergerak ataupun harta tidak bergerak, hak privasi dan atau tuntutan apapun sehubungan dengan Materi pengguna yang menyebabkan kerugian terhadap pihak ketiga. Dalam hal ini Sugihart juga dapat turut serta dalam suatu pembelaan bersama dengan penasihat hukum pilihannya.
  2. Sugihart memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Sugihart.
  3. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Sugihart, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  1. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Sugihart tergantung pada monitor komputer Pembeli. Sugihart telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Sugihart muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Sugihart akan akurat.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
    • Sugihart tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  2. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Sugihart dan/atau tanpa sepengetahuan Sugihart (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Sugihart atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Sugihart. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Sugihart adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  6. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  1. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  2. Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna lainnya.
  3. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
  4. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan “Jenis Barang”.
  5. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Sugihart berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  6. Dalam menggunakan Fasilitas Judul Produk, Foto Produk, Catatan dan Deskripsi Produk, Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada :
  • tidak menerima complain
  • tidak menerima retur (penukaran barang)
  • tidak menerima refund (pengembalian dana)
  • barang tidak bergaransi
  • pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim)
  • penyusutan nilai harga
  • pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan Sugihart, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan Sugihart.
  1. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Sugihart. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  2. Penjual wajib memasukan nomor resi pengiriman Barang dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Sugihart. Jika dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman Barang maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga Barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil.
  4. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah Barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada Sugihart sebelum menerima pesanan dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi/membatalkan transaksi dan Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh Pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga Barang akan dikembalikan kepada pihak Pembeli. Namun apabila penjual tetap melanjutkan transaksi tersebut tanpa persetujuan dari Pembeli, maka Penjual menyetujui bahwa hal ini akan menjadi tanggung jawab Penjual sepenuhnya (termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian ongkos kirim kepada Pembeli).
  5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  6. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
  7. Penjual dilarang mempergunakan halaman toko (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Sugihart.
  8. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  9. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
  10. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
  11. Penjual bisa menjual produknya dengan sistem pre-order dan menentukan waktu pembuatan pre-order sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan (maksimal 60 hari). Waktu yang ditentukan oleh Penjual merupakan keputusan Penjual itu sendiri dan Penjual bertanggung jawab untuk menaati waktu tersebut.
  1. Sugihart memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Sugihart memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  3. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Sugihart.
  4. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Sugihart akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  5. Sugihart memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 2 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 2 hari sejak perubahan status tersebut diatas, Sugihart memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan:
  • Konfirmasi penerimaan barang
  • Komplain, jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka Sugihart memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
  1. Sugihart memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di Rekening Resmi Sugihart sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Pembayaran baru akan dikirimkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Pembeli.
  2. Sugihart berwenang untuk membatalkan dan/atau menahan dana transaksi dalam hal:
  • Nomor resi kurir pengiriman barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs Sugihart.
  • Penjual mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Sugihart.
  • Sugihart berhak membatalkan/menahan dana transaksi jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim
  1. Sugihart berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Sugihart adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

  2. Sugihart berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.

  1. Pengiriman Barang dalam sistem Sugihart wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Sugihart yang dipilih oleh Pembeli.

  2. Penjual dilarang memberlakukan promosi / sistem bebas ongkos kirim pada setiap Barang yang dijual di dalam situs Sugihart.

  3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.

  4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.

  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.

  6. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Sugihart tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.

  7. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pengiriman barang GO-SEND untuk transaksi pembelian barang melalui situs Sugihart dengan ketentuan sebagai berikut dibawah ini:

  • Biaya ongkos kirim GO-SEND yang tertera pada halaman keranjang belanja adalah total biaya pengiriman barang, maka Penjual dan/atau Pembeli tidak perlu membayarkan biaya tambahan lain selain dari total biaya tersebut.
  • Biaya ongkos kirim GO-SEND tersebut diatas telah meliputi (i) biaya jasa petugas kurir GO-SEND dan (ii) biaya parkir kendaraan petugas kurir GO-SEND.
  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa biaya tambahan lain yang diberikan langsung oleh Pengguna kepada petugas kurir GO-SEND tanpa melalui sistem pembayaran Sugihart merupakan beban dan tanggung jawab pribadi Pengguna.
  • Setelah Pembeli melakukan proses pembayaran, Pembeli dilarang meminta kepada driver GO-SEND untuk mengirim barang dengan alamat pengiriman lain yang tidak sesuai dengan yang tercantum di kolom alamat atau invoice pada transaksi pembelian. Perubahan alamat pengiriman hanya dapat dilakukan sebelum Pembeli melakukan proses pembayaran.
  • Pengguna dapat mengadukan pelayanan petugas kurir GO-SEND melalui nomor Call Center GO-SEND (021) 5055 2220.
  • Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak Sugihart paling lambat 2×24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.
  1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa Sugihart telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Sugihart tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

  2. Karena itu Sugihart menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan Sugihart, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.

  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab Sugihart, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

Pembeli berhak mengajukan penukaran produk langsung kepada Penjual apabila produk tersebut tidak sesuai dengan penjelasan produk saat pemesanan atau dalam keadaan rusak saat barang diterima bukan karena proses pengiriman, dalam kurun waktu kurang dari 7 hari setelah produk diterima pembeli (ditandai dengan penjual memasukkan nomor resi pengiriman ke Sugihart)